Senin, 01 Desember 2008

EFEK MONYET KESERATUS : KEKUATAN DARI MELAKUKAN SESUATU YANG BENAR


Kisah monyet keseratus ini bisa menumbuhkan inspirasi kita untuk melihat dari sudut pandang yang lain tentang MEMBUAT PERBEDAAN. Kisah ini mengingatkan diri kita akan kekuatan seseorang yang melakukan hal yang benar bisa menyebar dengan cepatnya untuk mengubah perilaku dan kebudayaan seluruh anggota tim.

di tahun 1950-an para peneliti di pulau khosima (dimana didapati populasi monyet yang besar) meninggalkan ubi untuk dimakan monyet-monyet tersebut. seekor monyet muda yang pintar mendapati bahwa dia bisa membersihkan pasir dari ubi yang lezat dengan meletakkannya di aliran sungai. Dia mengajarkan saudara-saudaranya untuk melakukan hal ini dan mengajarkan pada pasangannya yang kemudian mengajarkan kepada monyet lain.

Selama bertahun-tahun lamanya, hanya anggota keluarga monyet ini yang mencuci pasir dari ubi.

Kemudian sesuatu yang luar biasa terjadi. Suatu hari, sepertinya hanya dalam satu malam, semua monyet di pulau itu mencuci ubi. Seakan-akan budaya baru tealah tercapai. Menurut para ahli yang mempopulerkan penelitian itu,begitu monyet keseratus mempelajari perilaku tersebut, perilaku itu menyebar ke semua monyet di pulau itu. Pada saat itu banyak orang meyakini kalau perilaku itu bahkan telah menyebar ke monyet-monyet lain di pulau yang berbeda. Saat sebuah penyebaran yang cukup luas tercapai, mereka semua langsung tahu cara melakukannya.

Cerita tentang monyet keseratus mengingatkan kita bahwa diri kita masing-masing memiliki pengaruh terhadap orang lain. Tidak selalu jelas siapa pemimpinnya dan kapan mereka akan mampu menunjukkan seluruh kemampuan mereka.

terkadang tidak mudah untuk melakukan sesuatu yang benar dan membuat perbedaan.

lingkungan yang tida mendukung, kesulitan-kesulitan di saat memulai dan sedikitnya dukungan terkadang menghalangi kita untuk mewujudkan mimpi kita.

dan sebetulnya kita akan bisa mewujudkan semuanya jika kita tidak terlalu mengkawatirkan siap yang akan mendapat penghargaan.

jadi selalu share ide baik anda dengan semua ketulusan yang anda miliki untuk membantu orang lain, selalu temukan orang lain yang bersedia menerimanya (karena tidak semua ide baik kita bisa diterima oleh orang lain) dan lakukan terus menerus dengan keajegan serta niat baik. seperti kata pepatah semakin banyak anda memberi semakin banyak anda menerima

Mengutip wise word yang sering dikatakan oleh Mario Teguh di televisi :) ...selalu share ide baik anda & lakukan yang benar, temukan orang lain yang bisa menerimanya ...KEMUDIAN PERHATIKAN APA YANG TERJADI

Terima kasih & semoga bermanfaat

salam

eko_sucahyo@yahoo.com

referensi tulisan ini anda bisa kunjungi :http://en.wikipedia.org/wiki/Hundredth_Monkey dan buku It's not about The Coffee by Howard Behar

Tidak ada komentar: